Amdal Izin Lingkungan

Addendum Andal RKL RPL PT. Ecogreen Oleochemicals Kegiatan Pembanguanan Industry Fatty Alcohol

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau. Rapat pembahasan dokumen Addendum Andal, RKL dan RPL Rencana Kegiatan Pembangunan Industry Fatty Alcohol (24 Juli 2019) di Ruang Utama Rapat Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau.

Rapat pembahasan dokumen Addendum Andal, RKL dan RPL Rencana Kegiatan Pembangunan Industry Fatty Alcohol, dihadiri Anggota Komisi Amdal Provinsi Kepulauan Riau dan Pemrakarsa Kegiatan Pembangunan Industry Fatty Alcohol (PT. Ecogreen Oleochemicals).

PT. Ecogreen Oleochemicals merupakan pemrakarsa Rencana Kegiatan Pembangunan Industry Fatty Alcohol. Lokasi kegiatan di Kelurahan Kabil Kecamatan Nongsa Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau.

Dr. Yuliman Gamal Kepala Bidang Persampahan, Limbah B3 dan kajian dampak Lingkungan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau selaku ketua sidang/rapat Amdal membuka rapat pembahasan dokumen Addendum Andal, RKL dan RPL Rencana Kegiatan Pembangunan Industry Fatty Alcohol. Ketua sidang memberikan kesempatan kepada pemrakarsa untuk menyampaikan rencana pembangunan Industry Fatty Alcohol.

Dalam paparan singkatnya baik pemrakarsa maupun konsultan menyampaikan bahwa perusahaannya akan melakukan addendum Andal RKL-RPL kegiatan pembangunan Industry Fatty Alcohol dengan luas penambahan sebanyak 13,24 Ha. Sejauh ini PT. Ecogreen sudah melakukan 2 kali addendum Andal, dan ini kali yang ke 3 pihaknya melakukan addendum.

Dalam rapat pembahasan dokumen Addendum Andal, RKL dan RPL Rencana Kegiatan Pembangunan Industry Fatty Alcohol, beberapa anggota komisi Amdal menanyakan Dokumen Amdalnya akan dijadikan 1 karena disini anggota komisi melihat bahwa PT. Ecogreen membeli lahan milik PT. Nindia yang lengkap dengan izin Amdal.

Sementara komisi amdal lainnya menanyakan tentang data tenaga kerja yang akan direkrut oleh perusahaan ini sebanyak 71 orang, namun tidak menjelaskan latar pendidikan yang diperlukan. Selain itu tehnik samping harus benar, karena sejauh ini yang kita ketahui bahwa jumlah laki-laki lebih banyak dari perempuan, kenapa yang di jadikan sampling itu malah yang perempuan?

Pertanyaan ini langsung di jawab oleh pihak pemrakarsa, bahwa mereka akan melakukan perbaikan terhadap hal tersebut, dan menerima saran serta masukan yang diberikan anggota komisi Amdal.

Sejauh ini keberadaan PT. Ecogreen Oleochemicals memberikan manfaat bagi masyarakat setempat, hal senada juga diakui oleh pak lurah nongsa dan perwakilan dari camat setempat bahwa pihak perusahaan sangat membantu terutama ketika masyarakat membutuhkan bantuan, diakui Lurah bahwa setiap mereka mengajukan proposal bantuan pihak perusahaan selalu memberikan bantuan untuk masyarakat setempat.

Anggota tim komisi Amdal mengingatkan akibat adanya perubahan tersebut maka pihak pemrakarsa harus melihat dampak penting hipotetik yang akan dihasilkan dari adanya kegiatan pembangunan tersebut.
Setelah semua kritik, saran dan tanggapan diberikan oleh anggota tim komisi amdal, maka pihak pemrakarsa harus melakukan perubahan perbaikan dokumen addendum tersebut sesuai dengan saran dan masukan yang telah diberikan oleh tim komisi amdal.

Di sesi akhir rapat/sidang pimpinan sidang menyampaikan bahwa
sebelum RZWP3K keluar, kita akan telaah lagi pola ruang laut dan darat. Dan kepada pihak perusahaan pimpinan sidang mengingatkan bahwa pandai-pandailah berempati dengan masyarakat, Ujar ketua tim komisi amdal sebelum menutup rapat/sidang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *