Pengelolaan Sampah Pengendalian Pencemaran

BIMTEK PENGELOLAAN SAMPAH PLASTIK

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, melalui Bidang Pengelolaan sampah mengadakan kegiatan bimbingan teknis (Bimtek) Pengelolaan Sampah (11-12 April 2019). Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi sampah plastik yang saat ini semakin meningkat. setiap tahun sampah plastik mengalami peningkatan, oleh karenanya Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri terus berupaya semaksimal mungkin untuk menjaga kondisi lingkungan agar tetap bersih dan sehat serta nyaman untuk ditempati.

keberadaan sampah memang tidak bisa kita bendung, hampir setiap hari kita membuang sampah, baik itu sampah organik maupun sampah anorganik.
dengan adanya kegiatan Bimtek ini tentu harapannya adalah agar jumlah sampah dapat diminimalisir dan bahkan dapat ditangani dengan cara memanfaatkan sampah tersebut menjadi barang/produk yang bernilai.
kegiatan yang dilaksanakan di UBS Allium Sagulung – Batam diikuti oleh lebih kurang 20 peserta Bimtek yang berasal dari Kota Tanjungpinang yaitu dari beberapa kelompok Bank sampah Kota Tanjungpinang.

Dengan adanya bimtek ini diharapkan peserta bimtek bertambah pengetahuan serta lebih termotivasi lagi dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah plastik.

Hasil akhir dari kegiatan bimtek, peserta dapat membuat beberapa macam produk dari sampah plastik, produk yang dihasilkan dari kegiatan bimtek ini berupa : tas, dompet, payung dan anyaman lainnya. semua produk tersebut berbahan dasar dari limbah plastik.

Dr. Yuliman Gamal, selaku kepala bidang pengelolaan sampah, Kajian Dampak Lingkungan dan Limbah B3 yang juga hadir dalam acara tersebut membenarkan bahwa kegiatan ini memberikan efek positif yang luar biasa, tidak hanya bagi peserta bimtek bahkan efek yang lebih besar lagi dari kegiatan ini adalah berkurangnya sampah plastik secara signifikan.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *