Adiwiyata

BLH Prov Kepri Mengadakan Sosialisasi Program Adiwiyata

Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Riau mengadakan kegiatan Sosialisasi Program Adiwiyata bagi sekolah yang ada di Kota tanjungpinang dan Kabupaten Bintan. Acara yang berlangsung di Hotel Aston Tanjungpinang (4/11/2015) dihadiri oleh 10 sekolah dari Kota tanjungpinang dan 10 sekolah dari Kabupaten Bintan.
Dengan menghadirkan Narasumber dari SMAN 4 Pekanbaru yaitu Ibu Nurhafni, M. Pd, serta dari Dinas Pendidikan dan Olah Raga Kabupaten Bintan yaitu Bapak Zulhajidan, S. Pd (pengawas).
Kegiatan ini bertujun untuk meningkatkan kapasitas sekolah untuk mewujudkan Sekolah Adiwiyata atau sekolah peduli dan berbudaya lingkungan; meningkatkan kapasitas kelembagaan dan sumberdaya manusia dalam pengelolaan Program Adiwiyata; dan meningkatkan pencapaian kinerja pengelolaan adiwiyata baik di propinsi maupun di kabupaten/kota termasuk sekolah dan masyarakat sekitarnya.

Dalam sambutannya dan sekaligus membuka kegiatan sosialisasi secara resmi, Kabid. Tata Lingkungan dan Amdal, Bapak Junaidi Putra, S.Pi., M. Si, mengatakan ”Disisi lain kegiatan Adiwiyata sangat dibutuhkan sebagai pemenuhan terhadap berbagai kebutuhan. Namun, perlu kita sadari kondisi yang terjadi saat ini adalah semakin majunya perkembangan kegiatan berkorelasi terhadap meningkatnya kerusakan lingkungan. Kualitas lingkungan hidup yang semakin menurun telah mengancam kelangsungan kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya sehingga perlu dilakukan perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup yang sungguh-sungguh dan konsisten oleh semua pemangku kepentingan. Dengan kegiatan adiwiyata ini dimulai dari hal yang kecil, dengan mempernalkan kepada anak-anak kita mengenai lingkungan yang baik, bersih, asri, nyaman dan bersahabat menjadi modal bagi kita untuk kedepannya agar generasi penerus kita atau Re-Generasi dapat juga menikmati indahnya lingkungan hidup yang sama-sama kita harapkan. Berdasarkan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013

Tentang Pedoman Pelaksanaan Program Adiwiyata, serta berdasarkan ketentuan dalam Pasal 65 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 32 Tahun 2009 tentang Perlindungan dan Pengelolaan Lingkungan Hidup, setiap orang berhak mendapatkan pendidikan lingkungan hidup, dan sehubungan dengan hal diatas maka perlu dijadikan cerminan dan acuan bagi kami Pemerintah Daerah Khususnya Badan Lingkungan Hidup Provinsi Kepulauan Riau untuk melakukan kegiatan sosialisasi adiwiyata ini. Sebagaimana disebutkan didalam Pasal 1 Ayat (1) dan (2) Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Republik Indonesia Nomor 05 Tahun 2013, yang menyebutkan didalamnya bahwa Sekolah Adiwiyata adalah sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan, dan Program Adiwiyata adalah program untuk mewujudkan sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *