Pengelolaan LB3

Kadis DLHK menghadiri Pertemuan Kunjungan Kerja Spesifik Komisi III DPR RI di Batam

Kepala dinas lingkungan hidup dan kehutanan hari ini Selasa, tanggal 23 Juli 2019 memenuhi undangan Kapolda Provinsi Kepri dalam rangka menghadiri kunjungan Kerja spesifik Anggota Komisi III DPR RI di Batam.
Kehadiran anggota DPR RI Komisi III dalam rangka penegakan hokum terhadap impor Limbah Plastik yang mengandung Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3).

Pertemuan ini dilaksanakan pada pukul 11 siang bertempat di Kantor Kapolda Provinsi Kepri, Dalam rapat dengan anggota komisi III DPR RI tampak para undangan yang hadir yaitu Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri Nilwan,S.Sos.,M.Si didampingi Kepala Seksi Bidang Limbah B3 Edison,M.Si dan Kasubag Perencanaan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Sukandro, SE selain dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri dalam petemuan ini juga hadir dari Kejati dan Bea Cukai Kepri.

Permasalahan Limbah Plastik yang mengandung Limbah B3 merupakan permasalahan penting, beberapa waktu yang lalu juga telah dilakukan peninjauan langsung oleh anggota DPR RI komisi 7 di Perusahaan yang melakukan impor Limbah Plastik tersebut. dari 65 kontainer terdapat 38 kontainer yang mengandung Limbah Bahan Beracun dan Berbahaya (LB3).

Sementara ditempat terpisah pada hari ini juga Selasa 23 Juli 2019, Kantor Dinas Lingkungan dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau kedatangan anggota Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dan beberapa angota polisi serta wartawan.

Kedatangan beberapa anggota KPK ke Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri tepat pukul 13.56 menit, sebelum melakukan pemeriksaan, beberapa anggota KPK melaksanakan sholat zuhur di mushola Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau. Namun beberapa anggota KPK lainnya melakukan komunikasi dengan bagian sekretariatan Dinas LHK, seusai melaksanakan sholat zuhur anggota KPK melakukan komunikasi dengan pihak sekretariat Dinas untuk mendapatkan informasi mengenai ruangan atau bagian mana saja yang akan mereka periksa, setelah itu 3 (tiga) orang anggota KPK kemudian menuju ruangan Keuangan (Sub bagian keuangan) dan didampingi oleh Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Tampak salah satu dari 3 orang anggota KPK yang masuk dalam ruangan tersebut kemudian membawa laptop dari ruangan sub bagian keuangan, laptop tersebut selanjutnya dibawa di ruang rapat utama kantor Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau untuk di periksa oleh tim KPK.

Pemeriksaan yang dilakukan anggota KPK sejak pukul 2 siang. Hingga pukul 8 malam anggota KPK masih melakukan pemeriksaan dalam ruang rapat utama DLHK,  tampak Sekretaris Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ir. Saut Martua Siallagan, MM mendampingi anggota KPK dan 2 orang staf.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *