Pengelolaan LB3

Kunjungan Kerja Komisi VII DPR RI

Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia melakukan kunjungan kerja spesifik dalam rangka peninjauan kawasan pengelolaan Limbah B3 di Kota Batam Provinsi Kepulauan Riau tanggal 7 sampai 9 September 2018. Kunjungan Kerja ini dipimpin langsung oleh Wakil Ketua Komisi VII DPR RI, Bapak Muhammad Nasir.

Untuk kelancaran kunjungan tersebut pihak DPR RI mengharapkan bantuan Pemda setempat seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau dan Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam. Disamping Pihak pemerintah Kota Batam dan BP Kawasan Batam, pihak DPR RI Komisi VII ini meminta agar pihak perusahaan pengelola Limbah B3 dapat juga dihadirkan pada kunjungan spesifik tersebut.

Sesuai jadwal kunjungan yang telah direncanakan, sampai di Batam Komisi VII DPR RI beserta rombongan yang didampingi oleh Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan langsung menuju ke Kawasan Pengelolaan Limbah Industri (KPLI) di kabil Batam, Pertemuan berlangsung setelah sholat jumat dihadiri oleh Penjabat eselon I Kementerian LHK RI, Direktur Perusahaan Pengolah Limbah B3 seperti : Dirut PT. Haiki Green, Dirut PT Gomal Sukses PT Desa Air Cargo Batam, PT. Greenindo Tritama, PT Primanru Jaya, PT. Semesta Citra Alam Batam, PT. Telaga Biru Semesta, CV. Berkat Bersaudara, Pengurus Asosiasi Pengelola Limbah B3 (ASPEL B3) Indonesia, Kepala Kantor Air dan Limbah BP Batam, Kepala Dinas ESDM Prov Kepri, Deputi IV BP Kawasan Batam, Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau Ir. Yerry Suparna,MM, Kepala Bidang Pengelolaan sampah, LB3 dan Amdal Bapak Dr. Ir. Yuliman Gamal, MUM, Kepala Seksi Pengelolaan Limbah B3 Ir. H.Edison, M.Si Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam beserta jajarannya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau bapak Ir. Yery Suparna, MM membuka rapat kerja kunjungan Komisi VII DPR RI. Beliau menyampaikan ucapan terima kasih kepada Komisi VII DPR RI, beserta Ibu Dirjen PSLB3 Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan beserta rombongan kunjungan kerja DPR RI ke Provinsi Kepulauan Riau khususnya Kota Batam, untuk melihat secara langsung pengolahan Limbah B3. Kepala Dinas mengharapkan kepada pengolah Limbah B3 dan Asosiasi pengolah Limbah B3 untuk mengikuti pertemuan ini sebaik mungkin, dalam kesempatan ini Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau menyampaikan salam dan permohonan maaf dari Bapak Gubernur dan Wakil Gubernur yang tidak bisa hadir dalam kunjungan Komisi VII DPR RI di Batam. Setelah itu penyampaian kata sambutan dari Komisi VII DPR RI. Point penting yang disampaikan oleh Komisi VII DPR RI adalah Komisi VII DPRI RI mengharapkan supaya pengelolaan Limbah B3 yang dihasilkan di Kepulauan Riau di kelola di Kota Batam, agar lebih efisien dan tidak perlu keluar daerah lagi. Termasuk pengangkutan limbah B3 antar pulau agar di seragamkan dengan daerah-daerah lain di indonesia. Selain itu pihak Komisi VII DPR juga mengharapkan agar perusahaan yang memiliki izin Insenerator agar mengurus izinnya. Tidak hanya itu, pihak DPR RI dalam hal ini komisi VII meminta agar kementerian LHK membuat laporan pada komisi VII tentang pengelolaan Limbah B3 di Batam.