Hari Bhakti Rimbawan Hari Lingkungan Hidup

Memperingati hari Bhakti Rimbawan Tahun 2020

Peringatan Hari Bakti Rimbawan dirayakan setiap tahun sebagai tanda lahirnya Departemen Kehutanan saat itu setelah berpisah dari Departemen Pertanian pada tanggal 16 Maret 1983. Hari Bakti Rimbawan bagi jajaran Departemen Kehutanan dijadikan sebagai tonggak konsolidasi para rimbawan di seluruh Indonesia untuk kembali menguatkan komitmen dan kesadaran dalam berkarya dan membangun hutan dan kehutanan Indonesia.

Biasa dijadikan oleh para rimbawan untuk melakukan refleksi diri, menggali inspirasi, motivasi dan berbagai inovasi dalam kiprah kerja di bidang lingkungan hidup dan kehutanan, dimanapun bertugas sembari bersujud dan berdoa bagi rekan-rekan yang gugur dalam menunaikan tugas negara sebagai perimba.

Bentuk nyata dari pemaknaan atas komitmen sebagai pejuang bangsa yang penuh keberanian dan berdedikasi dalam menjaga lingkungan dan hutan demi masa depan manusia dan seluruh bangsa Indonesia, masih harus terus diuji dan harus dapat dibuktikan.

Penggalan kata “Rimbawan” buat sebagian masyarakat menjadi sangat sakral, khususnya bagi mereka para aparatur negara yang bekerja di bidang kehutanan, baik pemerintah pusat maupun daerah (Provinsi/Kabupaten/Kota).
Memang karena sesungguhnya para aparatur inilah yang menjadi subjek langsung yang diamanati oleh masyarakat dan negara untuk mengelola Sumber Daya Hutan (SDH) sebagai representasi eksekutif, salah satu pilar demokrasi.

Pada periode berikutnya, mereka yang dipersiapkan untuk bekerja di bidang kehutanan atau berlatar belakang pendidikan kehutanan juga diakui sebagai “Rimbawan”.
Peringatan hari bhakti rimbawan tahun ini 2020 Mengusung tema “Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat“, rangkaian kegiatan peringatan Hari Bakti Rimbawan tahun ini dilaksanakan pada tanggal 16 Maret 2020.

Berbagai kegiatan yang dilakukan salah satunya adalahkompetisi olahraga, dan diikuti oleh BPKH, BPDAS, KPHP Bintan-Tanjungpinang serta Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau.

Yang perlu kita ambil manfaat dari memperingati hari bhakti rimbawan ini adalah 9 (Sembilan) dasar nilai rimbawan yaitu ; jujur, tanggung jawab, disiplin, ikhlas, visioner, adil, peduli, kerja sama dan profesional, sangat relevan sebagai jati diri dan semangat gerak para rimbawan,”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *