Pameran IT

Peluncuran Aplikasi Simanja dan Pameran IT

Pemprov Kepri meluncurkan SIMANJA. Sistem Informasi Manajemen Kinerja (SIMANJA) Aplikasi ini digunakan untuk menghitung Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) Pegawai negeri sipil (PNS) di Lingkungan Pemprov Kepri.
“Aplikasi SIMANJA diluncurkan pada tanggal 12 Februari 2019. Bersamaan dengan Pameran IT yang akan digelar pada 11-13 Februari, Demikian yang dikatakan Bapak Drs. Zulhendri, M.Si, Kadis Kominfo Provinsi Kepri di Kepri Smart Province (KSP), Rabu (23/1).

Dasar hukum tentang perhitungan Tunjangan Kinerja Daerah Di Lingkungan Pemerintah Provinsi Kepri adalah Peraturan Gubernur (Pergub) Kepri nomor 80 tahun 2018, ada 2 aspek dalam perhitungan Tunjangan Kinerja Daerah (TKD) yaitu berdasarkan prestasi kerja pegawai (bobot 40 persen) dan perilaku kerja (bobot 60 persen).

Dengan aplikasi Simanja ini nanti setiap bulan PNS diharuskan mengunggah pekerjaannya setiap hari ke aplikasi SIMANJA tentunya sesuai dengan tugas pokok dan fungsi masing-masing individu, serta tugas tambahan.
Peluncuran Aplikasi Simanja bersamaan dengan pameran IT yang dilakukan di Aula Wan Seri Beni ini diikuti oleh beberapa OPD di Lingkungan Pemprov Kepri, salah satunya adalah Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau.

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi kepulauan Riau menghadirkan teknologi berbasis web dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu Air Quality Monitoring System (AQMS) dan Online Monitoring untuk pemantauan Kualitas Air (Onlimo).

AQMS merupakan aplikasi berbasis web yang berfungsi untuk memantau kualitas udara di Provinsi Kepulauan Riau, khususnya kualitas udara di Kota Batam, karena station pemantauan diletakkan di Kota Batam, tepatnya di daerah Batu aji, sedangkan layar monitornya diletakkan di daerah Nagoya. Air Quality Monitoring System (AQMS) merupakan aplikasi yang mampu memberikan informasi kualitas udara secara real time, sehingga masyarakat dapat melihat secara langsung kualitas udara saat ini juga.<br>
Tidak hanya AQMS, Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau juga menghadirkan aplikasi pemantauan kualitas air bersih (Onlimo), sehingga data kualitas air bersih dapat diketahui secara cepat. Aplikasi pemantauan kualitas air bersih ini berbasis web, dan lokasi station pemantauan kualitas air bersih yang dipantau adalah Sei Jago Tanjung Uban Kab Kepulauan Riau.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau Ir.Yerri Suparna, MM meninjau lansung stand Dinas LHK di Aula Wan Seri Beni didampingi Sekretaris LHK Bapak Ir.Saut.

Kadis memberikan support kepada staf DLHK Provinsi Kepri agar tetap semangat dan mampu menampilkan stand DLHK dengan penampilan yang bagus, yang tidak kalah dengan stand OPD lainnya. Walaupun saat ini Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau baru memiliki 2 (dua) aplikasi, yaitu Aplikasi pemantauan kualitas udara dan kualitas air bersih.

Sebelum beranjak meninggalkan stand DLHK Kadis berpesan agar kedepan Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau Provinsi Kepulauan Riau lebih baik lagi (mampu menghadirkan aplikasi lainnya) tentunya yang sesuai dengan tugas dan fungsi Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan.


 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *