Pemantauan Air Bersih Pemantauan Udara Ambien Pengelolaan LB3 Pengendalian Pencemaran Proper

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Menyerahkan SERTIFIKAT Proper 2019

Dinas Lingkungan Hidup dan kehutanan Provinsi Kepulauan Riau menyerahkan Sertifikat Proper kepada perusahaan yang mengikuti program penilaian peringkat kinerja perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup (20-02-2019) di Ruang Rapat utama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Penyerahan sertifikat Proper diserahkan langsung oleh Kepala Dinas Bapak Ir. Yerri Suparna, MM didampingi kepala bidang pengendalian pencemaran dan kerusahan lingkungan bapak Ir. Bertha de Jurisal,MM.

Program penilaian peringkat perusahaan dalam pengelolaan lingkungan hidup merupakan program penilaian terhadap upaya penanggungjawab usaha dan /atau kegiatan dalam mengendalikan pencemaran dan atau kerusakan lingkungan hidup serta pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun atau disingkat LB3.

Proper dilakukan melalui mekanisme pengawasan yang hasilnya berupa pemberian insentif atau disinsentif kepada penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan.
Insentif atau disinsentif diberikan berdasarkan penilaian kinerja penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan dalam:

1. Pelaksanaan dokumen lingkungan (izin lingkungan);
2. Pengendalian pencemaran lingkungan hidup;
3. Pengendalian perusakan lingkungan hidup;
4. Pengelolaan limbah bahan berbahaya dan beracun.

Penghargaan Proper ini pun tidak terlepas dari pengawasan yang selama ini dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau terhadap penanggungjawab usaha dan/atau kegiatan (perusahaan) yang berada di Provinsi Kepulauan Riau.

Dari 30 puluh perusahaan yang ikut dalam program proper, 2 perusahaan memperoleh sertifikat dengan peringkat/raport hijau, dan 27 perusahaan lain memperoleh peringkat/raport biru serta 1 perusahaan memperoleh peringkat/raport merah.

Tentunya kedepan diharapkan tidak hanya 30 perusahaan yang mengikuti program proper ini, karena masih banyak lagi perusahaan lain yang ada di Kota batam yang belum mengikuti proper. Rekapitulasi Hasil Final

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *