Pengelolaan Sampah

Provinsi Kepulauan Riau Tanpa Sampah

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau memperingati Hari Sampah Nasional, Selasa (21-02-2017), dengan tema Kita Tingkatkan Kesadaran Dalam Pengelolaan Sampah Menuju Indonesia Bersih Sampah 2020. Acara yang berlangsung di Lapangan Relief Antam, Kijang, Kabupaten Bintan dibuka secara langsung oleh Bupati Kabupaten Bintan Apri Sujadi.
Kegiatan ini dapat terlaksana berkat kerjasama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bintan dan Satuan Kerja Kementerian PU Bidang Pengembangan Sistem Penyehatan Lingkungan Permukiman (PSPLP) serta semua pelaksana kegiatan yang terdiri dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten dan Satuan Kerja Lintas Instansi/Lembaga, LSM, Tokoh Masyarakat, dan masyarakat.
Dalam sambutannya dan sekaligus membuka secara resmi, Apri Sujadi menyampaikan…“terima kasih yang sebesar-besarnya kami ucapkan kepada Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau yang sudi menunjuk Kabupaten Bintan sebagai tempat pelaksanaan Peringatan Hari sampah Nasional, dan kami juga mengucapkan terima kasih kepada semua lapisan masyarakat dan turut hadir pada hari ini untuk mensukseskan acara ini”, Ujarnya.
Lapangan Relief Antam disesaki peserta yang sangat antusias untuk ikut serta dalam kegiatan bersih-bersih massal. Masing-masing peserta telah mempersiapkan diri dengan perlengkapan seperti sarung tangan, sapu lidi, karung (sebagai tempat sampah), cangkul, skop, grobak dan lain-lain. Peserta yang hadir nantinya akan diarahkan ke 3 titik lokasi yang telah ditentukan yaitu Pantai Keke, Sei-Enam, dan Pantai Indah.
Diakhir sambutannya, Apri juga mengatakan, “sampah merupakan masalah yang tidak terpisahkan dari kehidupan kita sehari-hari, walaupun sampah merupakan permasalahan, tetapi bagaimana cara kita sekarang melakukan pengelolaan yang baik, (Nenek Moyangku Seorang Pelaut Bukan Pembuang Sampah Kelaut) ini bukan hanya tulisan semata tetapi memiliki makna yang sangat fundamental, kita sadari bersama, bahwa wilayah perairan kita sangat luas, dan bersihnya tidak seperti dulu lagi, sekarang sudah banyak bertaburan, berserakan sampah dimana-mana, rasa memiliki dan menjaga kelestarian alam kita khususnya diwilayah laut sangat kurang saat ini, untuk itu saya mengajak kita semua yang hadir disini untuk bersama-sama membersihkan sampah yang ada di 3 titik lokasi yang telah ditentukan yaitu: Pantai Keke, Sei-Enam, dan Pantai Indah, dan bukan hanya di pantai saja, tetapi disetiap tempat yang ada sampah menjadi tanggung jawab kita bersama untuk membersihkan dan menjaga lingkungan untuk tetap asri dan nyaman”.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *