Amdal

Rapat Komisi Amdal untuk penilaian Kerangka Acuan (KA-ANDAL) Kegiatan Pembangunan Pelabuhan Perikanan Kabupaten Bintan

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Rapat Komisi Amdal untuk penilaian Kerangka Acuan Analisis Dampak Lingkungan Hidup (KA-ANDAL) dengan Kegiatan Pembangunan Pelabuhan Perikanan Kabupaten Bintan Provinsi Kepulauan Riau (19-09-2018)

Tujuan dari pembangunan Pelabuhan Perikanan Kabupaten Bintan ini adalah untuk membangun sebuah pusat pelayanan perikanan sebagai wadah kegiatan perikanan yang ada di wilayah Kabupaten Bintan Khususnya dan wilayah Provinsi Kepulauan Riau pada umumnya, sehingga kegiatan perikanan yang ada di wilayah tersebut dapat terlayani.
Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Utama Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, Pulau Dompak, Tanjungpinang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau Bapak Ir. Yerri Suparna,MM dengan didampingi Kabid Pengelolaan Sampah, Amdal dan Limbah B3 Bapak Dr.Yuliman Gamal, MUM.
Disela-sela memimpin sidang, Ir. Yerri Suparna,MM mengatakan “masing-masing perwakilan yang hadir disini, harus memberikan masukan yang dapat dijadikan acuan bagi tim pemrakarsa dalam melaksanakan kegiatannya, jangan sampai kegiatan ini menimbulkan polemik karena tidak adanya masukan yang dapat memperbaiki dari segi dokumen sebelum dilaksanakannya pekerjaan, biar mereka juga bekerja sesuai aturan dan ketentuan yang kita sepakati bersama, (ujarnya…)

Turut hadir juga perwakilan instansi terkait, Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Kepulauan Riau, Biro Hukum Provinsi Kepulauan Riau, PTSP Provinsi Kepulauan Riau, Distamben Provinsi Kepulauan Riau, Akademisi dari UMRAH, Akademisi dari STISIPOL, DLH Kabupaten Bintan, Distamben Kabupaten Bintan serta pemrakarsa Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Bintan
Pada sidang tersebut, masing-masing perwakilan yang hadir diberikan kesempatan untuk bertanya dan mengetahui apa-apa saja yang telah dicantumkan oleh pemrakarsa didalam dokumen yang sedang disidangkan. Tidak hanya itu masing-masing anggota juga memberikan pandangan serta masukan terhadap dokumen tersebut baik secara langsung atau secara tertulis sesuai dengan form isian yang telah disediakan.

Salah satu anggota komisi mengingatkan pemrakarsa bahwa beberapa hal penting dalam pembangunan pelabuhan perikanan Kabupaten Bintan ini diantaranya adalah pra konstruksi, saat konstruksi maupun pasca konstruksi. Artinya bahwa dari sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan sampai pada dampak penting yang diakibatkan dari proses pembangunan hingga pasca pembangunan dilakukan harus dilihat secara komprehensif dan holistik sehingga tujuan pembangunan pelabuhan sebagaimana yang dicita-citakan dari awal dapat terwujud.
Pada sesi akhir sidang KA-Andal Pembanguan Pelabuhan Perikanan Kab. Bintan banyak sekali masukan yang telah diberikan oleh anggota komisi Amdal dengan adanya masukan dari anggota ini tentunya diharapkan dokumen KA-Andal dapat di perbaiki dan disempurnakan lagi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *