Adiwiyata Pemantauan Air Bersih Pemantauan Air laut Pengelolaan LB3 Pengelolaan Sampah Pengendalian Pencemaran Rakor DLHK Tata Kelola Kehutanan

RAPAT KOORDINASI DAN SINGKRONISASI PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau mengadakan Rapat Koordinasi (Rakor) dan Singkronisasi Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Hotel Ibis Style Batam (20 s/d 23 Februari 2019). Kegiatan Rakor ini dihadiri oleh beberapa Instansi, diantaranya sebagai berikut :
– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Natuna
– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Anambas
– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Lingga
– Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karimun
– Dinas Lingkungan Hidup Kota Batam
– Dinas Lingkungan Hidup Kota Tanjungpinang
– Kepala UPTD KPH Kabupaten/Kota se Provinsi Kepulauan Riau
– Badan Pengelolaan Kawasan Hutan (BPKH)
– Pusat Pengendalian Pembangunan Ekoregion Sumatera (P3ES)
– Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan

Kegiatan ini bertujuan untuk mengkoordinasikan program/kegiatan pengelolaan lingkungan hidup dan kehutanan yang akan dilaksanakan antara pemerintah provinsi dan pemerintah kab/kota. Dan terwujudnya pemecahan masalah dalam pengelolaan lingkungan hidup antara pemerintah provinsi dan pemerintah kab/kota dalam rangka pengelolaan dan pengendalian lingkungan hidup dan kehutanan.

Tema Rakor program/kegiatan Pengelolaan Lingkungan Hidup dan Kehutanan di Provinsi Kepulauan Riau dalam rangka mendukung Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Provinsi Kepulauan Riau.

Rakor dibuka oleh Bapak Ir. Yerri Suparna, MM Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau, dalam sambutannya kepala Dinas mengharapkan kegiatan rakor ini dapat berjalan sebagaimana mestinya, pada sesi pembukaan awal Kadis Yerri Suparna menanyakan siapa saja yang hadir? Dan beliau meminta daftar absensi peserta. Lebih lanjut beliau menyampaikan bahwa masalah limbah seakan-akan tidak ada koordinasi antara Kab/Kota dengan pihak Provinsi, oleh karenanya beliau mengharapkan melalui rakor ini kita kedepankan permasalahan prioritas yang ada di daerah.

Skala prioritas, ini penekanan Kadis Yerri kepada para peserta rakor, ajukan saja jika memang itu skala prioritas bagi daerah kab/kota.
Kegiatan rakor yang bersumber dari APBD Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau Tahun Anggaran 2019 di adakan di Hotel Ibis Style Batam pada tanggal 20 s/d 23 Feb 2019.

Dalam pelaksanaan kegiatan rakor ini nantinya menggunakan metode diskusi interaktif dimana penyaji/ narasumber memaparkan materi pokok pembahasan kemudian diadakan tanya jawab antara penyaji/narasumber dengan peserta.
Rakor kali ini, narasumbernya berasal dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Pusat Pengendalian dan Pembangunan Ekoregion Sumatera, Balai Pengelolaan Hutan Produksi dan dari Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Provinsi Kepulauan Riau.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *