DAS Konservasi Pelayanan Masyarakat Rehabilitasi

Rehabilitasi Hutan Lindung Gunung Lengkuas dan Gunung Kijang

Kepala seksi Rehabilitasi dan DAS Dinas Provinsi Kepulauan Riau Sutarjo menyampaikan bahwa memperhatikan perjanjian pekerjaan Rehabilitasi Hutan Lindung Gunung Lengkuas dan Gunung Kijang seluas 175 Ha di Provinsi Kepulauan Riau tampak bahwa berdasakan laporan bulanan yang disampaikan oleh PT Inhutani IV terlihat bahwa ada perkembangan dalam pemeliharaan Rehabilitasi Hutan Lindung Gunung Lengkuas dan Gunung Kijang.

Pada laporan bulanan yang telah disampaikan, kemajuan pekerjaan pemeliharaan Rehabilitasi Hutan Lindung Gunung Lengkuas dan Gunung Kijang target distribusi bibit ke lubang tanam pada bulan lalu (agustus 2019 yaitu sebesar 104 Ha) mengalami kenaikan sebesar 5 Ha, sehingga pada bulan September menjadi 109 Ha. Begitu juga halnya dengan penyulaman dan penyiangan pendangiran.

Lebih lanjut Kasi Rehabilitasi dan DAS Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi kepri menyampaikan bahwa ada 2 komponen penting dalam rangka melakukan rehabilitasi yaitu pertama pengadaan bahan ajir dan pupuk dan kedua pengadaan bibit sulaman, sejauh ini untuk pengadaan bibit tahun ini ada 6 bibit yaitu :
– Bibit Petai
– Bibit Durian
– Bibit Mahoni
– Bibit Pulai,
– Bibit Salam
– dan Bibit Beringin.

Melihat perkembangan pekerjaan yang telah dilakukan oleh PT. Inhutani IV, pengadaan bibit mahoni dan pulai sudah melebihi dar rencana/target. Untuk mahoni target pengadaan bibit sebanyak 4.235 batang, dan untuk bibit Pulai sebanyak 10.478 batang. Berdasarkan laporan yang sudah disampaikan bahwa jumlah bibit mahoni hingga bulan September sebanyak 8.000 batang dan untuk bibit pulai sebanyak 30.100 batang.

Sebagaimana yang kita ketahui bahwa saat ini PT Inhutani IV, selain memproduksi getah pinus dan pengolahan derivate getah pinus juga memiliki usaha jasa di bidang Rehabilatasi Hutan dan Lahan (RHL) yang merupakan keproyekan dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan yaitu Kegiatan RHL Tahun 2016 seluas 200 Ha di Propinsi Kepulauan Riau.

Adapun Usaha Jasa yang pernah dan saat ini sedang dikerjakan oleh PT Inhutani IV , diantaranya adalah :
– Rehabilitasi Hutan dan Lahan seluas 200 Ha di Provinsi Kepulauan Riau ( untuk kegiatan pemeliharaan Tahun I)
– Penanaman Hutan Bakau melalui Sinergi dengan PT PLN (Persero) seluas 109 Ha di Kabupaten Langkat Provinsi Sumatera Utara
– Penanaman Daerah Tangkapan Air sekitar kawasan Danau Toba seluas 2.000 Ha
– KSO Pengolahan Getah Pinus PT.PAK di Trenggalek
– Pembangunan Model Unit Manajemen Hutan Meranti (PMUMHM) di Provinsi Sumatera Barat.
– Kegiatan Rehabilitasi Hutan dan Lahan di Aceh, Sumut, Sumbar, Riau dan Kepri.
– Penanaman Hutan Mangrove di Kepulauan Riau (Batam)
– Ecoplywood di Aceh dan Sumut
– HTI Energi di Aceh
Hadirnya PT. Inhutani IV di Provinsi Kepri dalam rangka melakukan rehabilitasi hutan dan lahan serta penanaman hutan mangrove di Kepri semoga dapat memberikan arti dan makna bagi Provinsi Kepri kedepan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *