Hari Lingkungan Hidup Pelayanan Masyarakat Pengendalian Pencemaran

World Cleanup Day Bersihkan Sampah se – Provinsi Kepri

Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepulauan Riau – Tahun 2018 hal yang sama juga dilakukan, begitu juga hari ini Sabtu (21 September 2019), Gerakan Bersih sampah se-Dunia atau World Cleanup Day (WCD) 2019 serentak dilaksanakan di seluruh dunia, dan di Provinsi Kepulauan Riau kegiatan bersih sampah ini di pusatkan di Kota Tanjungpinang, tepatnya di Gedung Daerah.
Ketua WCD Kepri ibu Nunung Rozalina mengatakan bahwa ada 7 kabupaten/kota yang bergerak membersihkan lingkungan yang ada di Kepri.

Dan khususnya titik lokasi utama di Provinsi Kepri di laksanakan di pelantar 1, pelantar 2 dan3 serta Pelantar KUD di Kota Tanjungpinang. Sementara 6 titik lainnya selain di titik utama, di antaranya adalah Rimba Jaya, Kampung Bulang, Pulau Penyengat, Kampung Bugis, Bintan Centre dan Kampung Sidomulyo. Bahkan lokasi aksi bersih tidak hanya di darat akan tetapi juga di pantai, laut, dermaga, sungai, permukaan, jalan dan sekolah.

Adapun jenis sampah yang terkumpul adalah plastik, kain, botol plastik, kaca, besi, potongan kayu, sterofoam, karpet, puntung rokok dan pampers.
Yang menarik aksi WCD Tahun ini adalah diadakannya “eco bazaar” untuk perlombaan daur ulang limbah.

Renald Yude, General Secretaris WCD Kepri, mengatakan bahwa pada saat hari WCD 2019, ada sekitar 150 komunitas ikut serta dalam membersihkan sampah di seluruh kabupaten/kota di Provinsi Kepri. Bahkan menurut Renald Yude aksi bersih-bersih ini juga diikuti pemerintah seperti Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Kepri, Pemerintah Kab serta Kota yang ada di Provinsi Kepri.
“Kita berterimakasih atas dukungan semua pihak. Terutama Pemprov Kepri dimana kegiatan aksi bersih masuk dalam Serangkaian agenda Hari Jadi Kepri ke 17,” ujarnya.

Lebih lanjut General Secretaris WCD Kepri juga berterima kasih atas dukungan pihak pihak yang sudah ikut serta dalam aksi bersih sampah diantaranya PT Bintan Resort Cakrawala, Banyan Tree Bintan, Premier Oil, Safari Lagoi, CK Hotel Tanjungpinang, JNE, BUMD PT Tanjungpinang Makmur Bersama, Aston Tanjungpinang, JNT, Pos Indonesia, The Residence Bintan, Apotek K24, BPPW Kepri.

Plt Gubernur Kepri, Isdianto, S.Sos., MM mengatakan, gerakan peduli sampah ini juga melibatkan warga Kepri bersama seluruh elemen, baik dari pemerintah, swasta, sekolah, komunitas dan masyarakat umum turun dalam aksi ini.
Momentum ini menunjukkan betapa pentingnya kita semua,” kata dia.
Dia mengatakan, istimewanya tahun ini gerakan WCD menjadi salah satu dari serangkaian acara hari jadi Kepulauan Riau yang ke-17 tahun.

Momentum ini, kata Sekda, menunjukkan betapa pentingnya kita semua, seluruh warga masyarakat untuk bergerak bersama tanpa harus saling menuding siapa yang harus bertanggung jawab.
“Sebaiknya kita bersama sama mencegah dan mengelola sampah dengan baik,” katanya.

“Ini mimpi kami untuk seluruh relawan yang targetnya 100.000 relawan se-Kepri turun dalam aksi ini. Kami berharap Kepri bebas dari sampah serta di tetapkan satu hari Kepri Bersih dan masuk dalam agenda tahunan,” jelasnya.
Renald berharap masyarakat dapat mengerti akan pentingnya kebersihan lingkungan, karena kepedulian lingkungan dibutuhkan dari kerjasama semua pihak untuk saling mendukung dan menjaga.

“Pelan-pelan gaya hidup ramah lingkungan akan menjadi kebiasaan jika akan terus dilakukan. Semua kembali lagi pada kesadaran masing-masing individu dan kemauan pribadi untuk menjaga lingkungan,” tuturnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *